Sunday, January 21, 2018

LOGIN OPERATOR SEKOLAH/ PETUGAS ABSEN SEKOLAH PADA APLIKASI ABSEN ONLINE GURU

| Sunday, January 21, 2018
Berikut Panduan Login bagi Operator Sekolah untuk menggunakan Absen Online Guru
1. Klik Tautan Login disini
2. Setelah Mengunjungi alamat di atas maka akan menemukan tampilan seperti gambar di bawah ini. Lalu Kepala Sekolah segera melakukan login dengan cara mengklik “LOGIN SEKOLAH” 
Perhatikan gambar di atas. Tulisan “Login Sekolah” maka akan otomatis menuju ke laman LOGIN seperti dibawah ini : 
Mengisi/Membuat Kalender Sekolah
Untuk bisa membuat kalender sekolah, kita terlebih dahulu harus mengklik Menu KEHADIRAN : 
setelah diklik maka akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini .
Contoh Membuat Kalender Sekolah : 
Misalnya membuat tanggal 1 Januari 2018 itu Libur maka tahapannya adalah sebagai berikut.
1. Perhatikan Form Tambah Kelender di bawah ini :
2. Setelah terisi Jenis Libur, dan Mulai Tanggal-Sampai Tanggal, maka tulis Keterangan liburnya. 
Tahapan berikutnya  Klik Simpan dan Ok. Maka akan tampil seperti pada gambar berikut 
3. Jika mau membuat kalender sekolah lainnya maka tahapan pembuatannya sama dengan poin 1-2 di atas
4. Pada pembuatan kalender ada perintah Tambah Baru, Hapus Semua, dan Tampilkan Template.  Fungsi dari masing-masing tab tersebut adalah:
Tambah baru => untuk membuat kalender yang baru.  
Hapus semua => untuk menghapus seluruh kalender sekolah yang telah dibuat. 

Mengisi kehadiran
Klik Menu “Kehadiran”, maka akan Muncul gambar seperti dibawah ini : 
Setelah melihat tampilan seprti gambar diata, maka yang harus di lakukan adalah sebagai berikut :
1. Langsung menuju ke informasi kehadiran  
2. Pilih semester yang berjalan  
3. Kemudian Pilih Bulan yang berjalan saat ini. 
4. Setelah menentukan Semester dan Bulan, selanjutnya kita menuju ke tab membuat daftar hadir. 

Klik menu “Buat daftar hadir” maka akan muncul notifikasi seprti ini 
Setelah muncul notif seperti gambar di atas maka klik “OK” dan selanjutnya klik menu simpan dan refersh. Seperti pada gambar di bawah ini..  
Hasilnya akan nampak seperti gambar di bawah ini …
Kalau sudah terbentuk form Kehadiran maka tinggal mengisi sesuai kondisi nyata di lapangan  dengan cara : 
1) Jika dinyatakana hadir maka lakukan “Checklist” pada form absen
2) Jika dinyatakan tidak hadir maka lakukan “Uncheklist” pada form absen 
3) Dampak “uncheklist”  warna yang tampil akan berbeda sesuai dengan
ketarangan absen GTK yang bersangkutan. 
4) Berikut warna yang menandai absen sesuai kondisi yang bersangkutan 
5. Jika ingin mengetahui rekap absen setiap GTK dan datanya maka caranya adalah dengan mengklik nama GTK pada Form Absen.  

Related Posts

No comments:

Post a Comment